Jumat, 25 Oktober 2013

VAKSIN MININGITIS BELUM DIHALALKAN MUI.

Polemik masalah vaksin flue (influenza) yang disuntikkan kepada jamaah haji oleh kementrian kesehatan menuai kritik MUI(Majelis Ulama Indonesia). MUI menyatakan bahwa vaksin influenza belum bersertifikat halal.

Suntik Meningitis
nurani, Vaksin influenza yang diberikan kepada calon jamaah haji dipastikan belum dijamin kehalalannya. Hal ini disampaikan oleh sekretaris komisi fatwa MUI Dr. HM Asrorun Ni'am Soleh MA. Kepada NURANI dia membenarkan jika dirinya mendapatkan informasi dibeberapa rumah sakit telah memberikan vaksin influenza kepada para jamaah haji Indonesia. Vaksin yang dimaksud belum pernah terdafata di MUI. Asrorun menceritakan, saat itu ada jamaah yang melaporkan keraguannya terhadap vaksin yang sudah disuntikkan oleh pihak rumah sakit. Pihak rumah sakit hanya mengatakan bahwa vaksin influenza diperlukan untuk daya tahan tubuh saat di Tanah Suci tanpa memberitahukan halal atau tidaknya. Jamaah hanya mendapatkan pernyataan dari petugas jika vaksin yang dimaksud diwajibkan untuk para jamaah yang sudah berusia 40 tahun. Asrorun menyayangkan kejadian itu. Sebab, sebelumnya Kemenkes sudah meminta izin kepada MUI dalam pembuatan vaksin influenza. Namun sampai jamaah diberangkatkan, perusahaan yang bertanggung jawab atas pembuatan vaksin influenza tidak mendatangi MUI untuk dilakukan audit. "Ya belum ada keterangan halal terhadap vaksin tersebut dari MUI" kata dia.

Dinas kesehatan beralasan bahwa keselamatan jamaah lebih penting. benarkah...???
ya menjaga umat dari barang haram lebih penting lagi. Toh, dijaga dari apa juga belum jelas.

Dulu ditahun 2008 memang sempat dinyatakan dorurot (darurat) karena resiko jamaah akan terserang penyakit otak, maka vaksin miningitis dinyatakan wajib diberikan.
Tapi ketika ada vaksin halal, maka vaksin awal sudah tidak boleh disuntikkkan lagi. Apalagi sekarang kondisinya tidak darurat lagi. Terus kenapa masih di paksakan untuk untuk memakai vaksin yang belum diketahui halal haramnya. "Padahal, dengan pemeriksaan vaksin influenza, tujuan MUI untuk melindungi jamaah dari obat-obatan yang tidak halal," tambah Asrorun menyesalkan langkah kemenkes.

Meningitis

0 komentar:

Posting Komentar