Rabu, 06 Mei 2015

Selayang Pandang Benteng El-Habra Spanyol

Selayang Pandang Benteng El-Habra Spanyol
Catatan Kecil dari Sebuah Pelajalan Spriritual oleh Zara Tour & Travel




Istana Alhambra didirikan oleh Kerajaan Bani Ahmar, Muhammad bin Al-Ahmar (dalam Khilafah Bani Umayyah). Pembangunan Istana Alhambra dilakukan secara bertahap, antara tahun 1238 dan 1358 M. Istana ini dilengkapi taman juga bunga-bunga indah nan harum. Terdapat juga Hausyus Sibb (Taman Singa) yang dikelilingi oleh 128 tiang yang diperbuat daripada marmar yang  indah.

Di taman ini pula terdapat kolam air mancur yang dihiasi dengan 12 patung singa yang berbaris melingkar sebagai penunjuk waktu. Di dalamnya terdapat banyak ruangan yang indah : Ruangan Al-Hukmi (Baitul Hukmi), ruangan pengadilan, serta Ruangan Bani Siraj (Baitul Bani Siraj), ruangan berbentuk bujur sangkar yang dipenuhi dengan hiasan-hisan kaligrafi Arab.

Selain itu, istana merah ini dikelilingi oleh benteng dengan yang dibalut dengan tanah liat yang kemerah-merahan. Luar dan dalam istana banyak dihiasi kaligrafi dengan ukiran khas yang sukar ditandingi hingga kini. Kedudukan kota Alhambra yang berada di wilayah Granada juga menjadi faktor keunikan kota ini. Kawasan bukit yang dinamakan Bukit La Sabica adalah salah satu kawasan yang amat strategik dijadikan sebuah kubu pertahanan kota. Andalusia terkenal dengan kesejahteraan rakyatnya serta kemajuan didalam bidang pertanian serta bidang perdagangan.

Saat Raja Ferdinand V menikah dengan Ratu Isabella, kerajaan Kristian dapat disatukan dan mengambil langkah awal dengan menawan Andalusia. Hasil dari perebutan takhta dan kelemahan institusi politik di Andalusia, menyebabkan kerajaan islam yang terakhir ketika itu, dipimpin oleh Sultan Muhammad XII Abu Abdillah An-Nashriyyah jatuh ke tangan kerajaan kristian dengan mudahnya.

Pada pertengahan 1491, Raja Ferdinand V mengepung Granada selama tujuh bulan. Dia berhasil menguasai kota Malaga –kota pelabuhan terkuat di Andalusia, lalu Guadix dan Almunicar, Baranicar, dan Almeria. Basis kerajaan Bani Ahmar, Granada, pun akhirnya tunduk, pada 2 Januari 1492 M/2 Rabiul Awwal 898 H. Kemenangan penaklukan Andalusia ini menjadikan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella mendapat gelar sebagai “Catholic Monarch” atau “Los Reyes Catolicos” atau Raja Katolik.  Hal ini menyebabkan rakyat Islam di Andalusia hanya mempunyai 2 pilihan yaitu memeluk agama kristian, atau keluar dari Andalusia.


Andalusia berada dibawah kekuasaan Islam selam 8 abad lamanya. Kemegahan dan keindahan Istana Alhambra luntur setelah menjadi istana kerajaan Kristian. Begitu juga masjid Cordoba yang menjadi gereja kristian.  Catatan kecil ke tempat impianku... semoga manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar